admin pada SE & Juknis
2 Jan 2024 21:15 - 2 menit reading

REVISI CP (Capaian Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 Semua Mapel Jenjang PAUD sampai SMA/MA

MiNorRahmanNews.com – Revisi Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 untuk semua mata pelajaran dari jenjang PAUD hingga SMA/MA. Capaian Pembelajaran ini berfungsi sebagai panduan bagi satuan PAUD dalam merencanakan kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini. Capaian Pembelajaran memberikan kerangka pembelajaran yang memandu pendidik dalam membangun nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan oleh anak usia dini, serta untuk menjalankan fungsi PAUD sebagai fondasi saat memasuki pendidikan dasar.

Rumusan Capaian Pembelajaran disusun dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Pertama, Capaian Pembelajaran mencerminkan nilai-nilai karakter yang tercantum dalam profil pelajar Pancasila dan kompetensi yang dinyatakan dalam Standar Kompetensi Lulusan untuk Anak Usia Dini (atau Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak – STPPA). Sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan STPPA, rumusan Capaian Pembelajaran dibuat fleksibel agar memberikan keleluasaan kepada satuan PAUD dalam merancang tujuan pembelajaran yang mencerminkan visi dan misi mereka. Keberagaman sosial, budaya, ekonomi, dan sumber daya masyarakat Indonesia menunjukkan bahwa penjabaran materi yang perlu dipelajari di satuan PAUD harus memberikan ruang bagi satuan pendidikan dan ekosistemnya untuk memanfaatkan semua potensi yang dimiliki guna mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam rangka penyiapan kebijakan teknis, penyusunan kurikulum, dan pengembangan pembelajaran, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah melaksanakan kegiatan Umpan Balik Capaian Pembelajaran untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan pada bulan Januari hingga Mei 2023. Berdasarkan umpan balik tersebut, terdapat revisi yang dilakukan terhadap Capaian Pembelajaran untuk jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Dalam hasil revisi tersebut, terdapat:

1. Capaian Pembelajaran untuk jenjang PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) pada Kurikulum Merdeka.
2. Capaian Pembelajaran untuk jenjang SD/MI/Program Paket A, SMP/MTS/Program Paket B, dan SMA/MA/Program Paket C pada Kurikulum Merdeka. Hal ini akan menjadi dasar dalam revisi Buku Teks Pelajaran pada jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA dalam Kurikulum Merdeka.

Anda dapat men-download REVISI CP (Capaian Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 untuk semua mata pelajaran dari jenjang PAUD hingga SMA/MA melalui tautan yang disediakan [DISINI].

https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/