admin pada Berita
13 Feb 2024 17:13 - 1 menit reading

BMKG : Gempa di Kalsel akibat aktivitas patahan Meratus

MI NOR RAHMAN NEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengkonfirmasi bahwa ada gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 4,7 di Kalimantan Selatan pada hari Selasa sekitar pukul 09:22 Wita. Gempa ini disebabkan oleh aktivitas patahan Meratus.

 

Menurut BMKG, gempa tersebut termasuk dalam kategori gempa dangkal, karena episenter dan kedalaman hiposenternya. Wilayah yang merasakan guncangan gempa adalah Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, dan Kabupaten Barito Kuala di Kalimantan Selatan. Guncangan juga dirasakan di Kota Sampit, Kabupaten Pulang Pisau, dan Kota Palangkaraya di Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut. BMKG juga menjelaskan bahwa tidak ada potensi bencana tsunami akibat gempa ini.

 

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat diingatkan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa, serta memeriksa kestabilan rumah sebelum kembali ke dalam bangunan.

 

Gempa ini terjadi pada kedalaman 10 km, dengan pusat gempa berada di 19 km Timur Laut Banjar Kalsel pada koordinat 3.19 Lintang Selatan – 115.12 Bujur Timur.

 

Dalam kejadian tersebut, anak-anak yang berada di Perpustakaan Tapin langsung dievakuasi dari gedung untuk keamanan mereka.

Sumber : https://kalsel.antaranews.com/berita/404847/bmkg-gempa-di-kalsel-akibat-aktivitas-patahan-meratus
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/